LAPORAN
AUDIT INTERNAL
SMK PN TERPADU MERANGIN
PEMERINTAH PROVINSI JAMBI
DINAS PENDIDIKAN
SMK PN TERPADU MERANGIN
2021
BAB 1
PENDAHULIAN
A. Latar Belakang
SMK PN Terpadu Merangin terletak di desa Mampun Baru Kecamatan Pamenang Barat Kabupaten Merangin Provinsi Jambi, dalam implementasinya harus melakukan Audit Internal. Pelaksanaan Audit Internal di SMK PN Terpadu Merangin ini dalam rangka untuk melakukan perbaikan berkelanjutan (continual improvement )yang dimaksudkan untuk memenuhi kepuasan pelanggan, yaitu masyarakat, dunia industri, dan dunia kerja. Kinerja SMK yang dicapai melalui perbaikan sistem manajemen haarus selalu ditingkatkan.
Pelaksanaan Audit Internal di SMK PN Terpadu Merangin wajib dilaksanakan setiap 1 Tahun sekali. Dengan mengaudit kerja diharapkan tiap unit kerja selalu sigap dan siap terhadap perubahan yang terjadi di dunia usaha dan dunia industri, kemudian mengimplementasikan perubahan tersebut.
Pelaksanaan Audit Internal yang konsisten dengan komitmen tinggi akan memberi pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan mutu produk (barang dan jasa) yang dihasilkan oleh organisasi tersebut. SMK sebagai lembaga yang menerapkan manajemen mutu akan menghasilkan tenaga kerja dengan mutu yang lebih terjamin bagi perusahaan dan dunia industri.
a. Terwujudnya pencapaian sasaran pendidikan di SMK PN Terpadu Merangin sesuai kebijakan, program dan sasaran yang ditetapkan serta pelaksanaannya.
b. Terwujudnya Pengelolaan SMK PN Terpadu Merangin secara professional, mandiri dan akuntable
c. Terwujudnya penjaminan mutu pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu(SMM) di lingkungan SMK PN Terpadu Merangin
d. Membangun dasar yang kokoh bagi pembangunan berkelanjutan melalui proses perbaikan yang terus menerus di SMK PN Terpadu Merangin
e. Meningkatkan citra SMK PN Terpadu Merangin dan kemampuan pemasaran sekolah.
f. Meningkatnya kualitas pendidikan dan pembelajaran di SMK PN Terpadu Merangin
C. SASARAN
Pelaksanaan program Audit Internal ke-I dilakukan SMK PN Terpadu Merangin dengan memilih dan menetapkantim Auditor untuk melakukan audit. Pemilihan Auditor tersebut diambil dari beberapa kajian yang meliputi kriteria ; Pemilihan Auditor yang terdiri atas dua puluh (20) personal yang memiliki pengalaman dan pelatihan dalam hal audit dibuktikan dengan sertifikat Auditor dari TUV Rheinland. Unit kerja yang di audit diantaranya kepala sekolah, wakil kepala sekolah, waka kurikulum, waka sarpras, waka kesiswaan, Tu, BK, Perpus dan lain lain
BAB II
PELAKSANAAN
A. Tim Audit Internal.
Tim Audit Internal semester genap tahun pelajaran 2020/2021 ini melibatkan Guru dan Karyawan SMK PN Terpadu Merangin. (SK terlampir) Jumlah auditor yang terlibat ada 10 orang dari jajaran guru. Pada pelaksanaan audit internal kali ini tiap unit akan diaudit oleh 1 orang auditor hingga memungkinkan para auditor akan menggali semakin dalam proses kinerja tiap unit hingga mampu memotret unit itu lebih detail untuk menemukan ketidaksesuaian yang ada juga memberikan observasi positif maupun negatif yang ada.
B. Waktu Pelaksanaan
Audit Internal akan dilaksanakan
pada:
Hari : Sabtu
Tanggal : 26 Juni 2021
Mulai
: Pukul 07.30 s/d selesai.
C. Jadwal Audit
Terlampir.
D. Tempat
Tempat
pelaksanaan Audit Internal:
1. Ruang Kepala Sekolah
2. Ruang Waka
3. Ruang Perpustakaan
4. Ruang Kajur
5. Ruang BK
6. Ruang TU
E. Hasil Audit
Pada Audit Internal semester genap tahun pelajaran ini tidak ditemukan KTS Mayor, 37 KTS minor dan 15 Observasi. (hasil lengkap terlampir)
BAB III
KEUANGAN
A. Sumber Dana
Sumber dana penyelenggaraan Audit Internal semester genap tahun 2020/2021 berasal dari YAYASAN BUDI UTOMO.
B. Realisasi Anggaran Belanja
Anggaran pelaksanaan Audit Internal semester genap tahun 2020/2021 ini menghabiskan dana sebesar satu juta rupiah. (digunakan untuk biaya konsumsi)
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan pada pelaksanaan Audit Internal semester genap tahun pelajaran 2020/2021 ini dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Audit Internal berjalan dengan cukup baik. Panitia, Auditor dan Auditee dapat menyelesaikan Audit Internal sesuai yang telah dijadwalkan.
B. Evaluasi dan Perbaikan
Selama pelaksanaan Audit Internal tahun pelajaran 2020/2021 memang masih ditemukan adanya beberapa masalah tentu tidak bisa dihindari. Malasah yang timbul antara lain;
1. Pada saat pelaksanaan Audit Internal masih terjadi keterlambatan kehadiran dan ketidakhadiran baik dari panitia, auditor dan auditee. Hal ini disebabkan beberapa faktor antara lain;
1) Memang karena keterlambatan kehadiran
2) Dikarenakan ada acara ganda disekolah pada saat itu
3) Dikarenakan kurangnya koordinasi di unit auditee
4) Ada tugas keluar dari sekolah
Tindakan pencegahan untuk permasalahan diatas adalah Jadwal Audit benar-benar dipastikan tidak terganggu oleh jadwal kegiatan yang lain hingga baik panitia, auditor dan auditee dapat fokus pada audit internal saja. Perlu koordinasi yang solid antar unit kerja untuk mendapatkan waktu yang benar-benar tepat untuk pelaksanaan audit internal.
2. Kompetensi auditor masih perlu ditingkatkan dalam membidik dan juga dalam penulisan. Hal ini disebabkan beberapa faktor:
1) Masih minimnya pengalaman dalam mengaudit.
2) Pada saat pembekalan audit internal ada beberapa auditor yang tidak hadir
3) Waktu pembekalan audit dan jadwal audit terlalu dekat hingga sedikit waktu untuk belajar kembali.
4) Minimnya pelatihan .
Tindakan pencegahan untuk permasalah diatas adalah Perlunya ada pelatihan auditor untuk meningkatkan kompetensi auditor. Atau diadakan evaluasi untuk auditor untuk kemudian dipilih 4 sampai 5 orang auditor untuk dijadikan Tim Monitoring dan Evaluasi hingga hasil audit dapat lebih dipertajam walau mungkin waktu yang dibutuhkan lebih lama.
Demikian laporan ini kami susun semoga bermanfaat. Amin
Ngawen, 26 Juni 2021
Ketua Tim Auditor
IMAM TAMTOWI
terima kasih. sangat membantu untuk referensi dan contoh.
ReplyDelete